Seni dan Kerajinan Jepang yang Hebat untuk Dicoba di Rumah

Seni Jepang, Kerajinan Jepang, Seni yang indah di Jepang, Kerajinan yang bisa dibuat dari Jepang

Seni dan Kerajinan Jepang yang Hebat untuk Dicoba di Rumah


Tidak semua orang mempelajari cara untuk merawat pohon bonsai (yang terkadang hidup selama berabad-abad dan diwariskan dari generasi ke generasi), tetapi ada seni dan kerajinan Jepang lainnya yang dapat dicoba di rumah. Selain sederhana, bahannya murah dan bahkan bisa di improvisasi sendiri. Ada banyak artikel dan video tutorial yang bahkan dapat dipelajari juga. Lagi pula, jika bisa mempelajari nya dirumah, mungkin kalian juga bisa membuka toko di Jepang nanti.

ORIGAMI - Kerajinan Kertas

Origami, secara harfiah berarti 'melipat/melipat kertas', mungkin adalah salah satu kerajinan Jepang yang paling dikenal dan dipraktikkan secara internasional. Kerajinan ini sangat bagus untuk anak-anak, tetapi juga memiliki bentuk geometris kompleks yang ditujukan hanya untuk orang dewasa yang sudah terampil.


Kertas origami biasanya berwarna-warni, dengan cetakan tradisional dan aneh, tetapi jika kalian memiliki persediaan kertas origami yang tepat, kalian dapat menggunakan apa saja seperti kertas polos putih, kertas koran, majalah, kertas karton tipis, lembaran plastik lentur, serbet dan sebagainya.

Kalian juga dapat mengubah ukurannya, contohnya membuat burung bangau mini, atau burung bangau besar yang harus dipegang oleh kedua tangan. Untuk burung bangau mini, membutuhkan banyak alat dan harus presisi, alatnya mungkin seperti penjepit dan pinset, sementara origami burung bangau yang berukuran besar membutuhkan kolaborasi dan banyak ruang.



FUROSHIKI - Kerajinan Mengikat Kain

Furoshiki adalah keterampilan yang sangat berguna, mengumpulkan lebih banyak perhatian karena fakta bahwa kerajinan ini sangat berguna, berkelanjutan dan ramah lingkungan. Furoshiki adalah keterampilan membuat sesuatu yang berbeda hanya dengan membungkus dan mengikat kain. Kain yang sama dapat dilepas dan dibuat menjadi sesuatu yang lain.

Penggunaan pertama dari skill ini adalah untuk membungkus perlengkapan mandi seseorang untuk pergi ke pemandian umum, maka kata 'furo' (yang berarti 'mandi') dalam namanya. Furoshiki juga secara tradisional digunakan untuk membungkus kotak makan siang dan botol minum, dan ini adalah cara yang bergaya untuk membungkus hadiah hingga hari ini.




KUMIHIMO - Kerajinan Mengepang

Kumi (yang berarti 'jalinan') dan himo (yang berarti tali/benang) menciptakan ikatan obi yang indah untuk kimono, serta gelang, jimat telepon, dan sebagainya. Kerajinan ini dilakukan di atas alat tenun kecil khusus yang menyerupai kursi bar dengan benang pada kumparan yang digantung di semua sisi. Beberapa orang dapat mengepang bersama, membalik kumparan, membuat kepang warna-warni. Ini juga dapat digabungan dengan manik-manik dalam desainnya.

Jika kalian tidak memiliki cakram/bangku jalinan Kumihimo atau tidak dapat membelinya, ada cara mudah untuk membuat yang seperti itu. Kalian bisa lihat disini.




KINTSUGI - Kerajinan Memperbaiki Pot/Keramik

Keterampilan tradisional Jepang ini semakin populer karena artistik dan puitis. 'Kin' (yang berarti 'emas') dan 'tsugi' (yang berarti 'menyambung/menyatukan') adalah teknik memperbaiki keramik yang pecah dengan merekatkannya dengan emas. Kintsugi adalah contoh sempuran dari ketidaksempurnaan, ketidaklengkapan, keindahan yang ditemukan dalam segala hal. Sebuah potongan yang diperbaiki dengan Kintsugi memiliki retakan yang disorot, tidak disembunyikan, dan dalam proses membuat potongan itu bahkan lebih indah dari aslinya.

Ada set Kintsugi yang bisa kalian beli di Jepang untuk dicoba, tetapi ada cara lain juga untuk mereplikasi kerajinan ini juga.


KALIGRAFI - Kerajinan Tulisan

Kaligrafi adalah seni tulisan yang indah, ada dalam bahasa tulisan, dan kaligrafi Jepang atau 'shodo' adalah tulisan artistik Kanji, Hiragana, dan Katakana. Sering dikatakan bahwa kaligrafi adalah zen atau latihan meditasi dan memiliki efek menenangkan.

Yang kalian butuhkan hanyalah tinta, kuas, dan kertas serta kesabaran untuk mempraktikannya dengan sempurna. Ada set kaligrafi murah, tetapi jika kalian tidak bisa mendapatkannya, kalian selalu dapat mencobanya dengan tinta apapun, kuas lukis apapun, dan juga kertas apapun. Bahkan, dalam lokakarya kaligrafi di Jepang, mereka mengajari pemula untuk melatih coretan mereka di koran atau kertas penyerap lainnya, sebelum memberi mereka kertas kaligrafi khusus. Kalian bahkan dapat berlatih menulis Kanji dengan pena tinta atau spidol. Di Jepang, anak-anak berlatih kaligrafi sejak dini, mulai dari karakter yang lebih sederhana dengan makna positif seperti æœˆ(bulan), (sakura), (air), hingga yang lebih kompleks seperti (tulis), (mimpi), dan ( cinta).



Selain itu, seni lukis dengan tinta disebut 'sumi-e' dan sering dipadukan dengan kaligrafi. Biasanya menampilkan motif seperti bambu, burung, ikan koi, bunga sakura, tetapi apapun juga dapat dilukis dengan gaya 'sumi-e' ini.



IKEBANA - Rangkaian Bunga

Merangkai bunga Jepang lebih dari sekedar menyusun karangan bunga dalam vas. Kerajinan bunga ini sudah berusia lebih dari satu millenium dan mengikuti prinsip-prinsip artistik, bermain dengan simetri dan asimetri, keseimbangan dan ketidakseimbangan. Ada banyak aliran dan varian Ikebana, tetapi untuk pemula dapat memulai dengan prinsip dasar merangkai bunga Jepang.



Jangan khawatir jika kalian tidak memiliki alat dan mangkuk khusus untuk Ikebana, ikuti saja kreativitas kalian dan berimprovisasi saja. Kalian juga dapat menggunakan vas, mangkuk, botol, atau toples apa saja. serta batu berpori atau potongan kayu yang dapat menampung bunga atau tanaman. 

Cabang atau tangkai rumput apapun bisa menjadi elemen dekoratif dalam Ikebana. Kalian juga dapat mengumpulkan batu dari kebun. Dalam gaya Ikebana modern abad ke-20, juga disebut 'gaya bebas', yang artinya seseorang dapat memasukan apa saja ke dalam rangkaian bunganya, bahan apa saja, bukan hanya bunga dan tanaman.

COMMENTS

Nama

A Certain Magical Index,2,Anime,109,anime2023,34,animebaru,34,animepopuler,34,animeterbaik,33,animeterbaru,33,antisispasianime,24,Artist,6,Arts,5,Attack on Titan,2,Boa Hancok,1,carol,1,Comedy,6,Culinary,7,Culture,10,daftaranime,1,daftaranime2023,1,Dragon,1,Event,1,Fairy Tail,1,Fashion,3,Festival,2,Game,4,Gamers!,1,Games,14,Hancock,1,Impian,1,Inspiratif,1,Japan,37,Kaido,1,Keberanian,1,Kemauan,1,Kimetsu,1,Kimetsu no yaiba,2,KisahPerjuangan,1,Luffy,1,MakotoShinkai,1,Manga,11,MasterCerita,1,meganebu,6,misuzu,1,Motivasi,1,Movie,8,Music,3,mustwatchanime,1,Nanatsu no Taizai,1,News,10,ningen fushin,1,One Piece,3,Oregairu,1,OVA,3,pilihananime,1,PotensiTersembunyi,1,Sailor Moon,2,Sanji,1,Sejarah,2,Shakugan no Shana,1,Shank,1,SuzumenoTojimari,1,Terkuat,1,Tips,13,tomo,2,tomochan wa onnanoko,1,tonikaku kawaii,1,Tradisional,5,Travel,13,Trending,1,Weathering With You,1,Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru,1,Zombieland Saga,1,Zoro,1,
ltr
item
Coretan Otaku - Portal Japan Otaku: Seni dan Kerajinan Jepang yang Hebat untuk Dicoba di Rumah
Seni dan Kerajinan Jepang yang Hebat untuk Dicoba di Rumah
Seni Jepang, Kerajinan Jepang, Seni yang indah di Jepang, Kerajinan yang bisa dibuat dari Jepang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjL7k-4u79U4xb1-fV3LKboJbr8RQ0r5BCf4MDy3e_jYsxzekzvMoAnBL1sW1sa1tvOxTEckWHDfsSCMjMHVb2X3pnncD5gQDc5umh-LdW9JMl7AlYgH1ZqfGK7dkEysEDLEW2IvdzA32jX/w640-h426/4071960_m.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjL7k-4u79U4xb1-fV3LKboJbr8RQ0r5BCf4MDy3e_jYsxzekzvMoAnBL1sW1sa1tvOxTEckWHDfsSCMjMHVb2X3pnncD5gQDc5umh-LdW9JMl7AlYgH1ZqfGK7dkEysEDLEW2IvdzA32jX/s72-w640-c-h426/4071960_m.jpg
Coretan Otaku - Portal Japan Otaku
https://www.coretanotaku.com/2021/06/seni-dan-kerajinan-jepang-yang-hebat-untuk-dicoba-di-rumah.html
https://www.coretanotaku.com/
https://www.coretanotaku.com/
https://www.coretanotaku.com/2021/06/seni-dan-kerajinan-jepang-yang-hebat-untuk-dicoba-di-rumah.html
true
9136926776599888331
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy