Kata Jepang Yang Berguna "Daijoubu" Bagaimana Cara dan Kapan Menggunakannya

  Kata Jepang Yang Berguna "Daijoubu" dan Bagaimana Cara dan Kapan Menggunakannya Tentu saja, orang-orang di Jepang berbi...


 Kata Jepang Yang Berguna "Daijoubu" dan Bagaimana Cara dan Kapan Menggunakannya

Tentu saja, orang-orang di Jepang berbicara bahasa Jepang, jadi mengetahui beberapa kata akan membantu siapapun yang akan datang ke negara tersebut. Atau paling tidak, orang akan menghargai kalian mencoba belajar bahasa mereka. Jadi dari mana kita akan mulai? Kata-kata dan ekspresi umum yang mungkin kalian temui termasuk "kawaii" (Imut), "samui" (Dingin), "atsui" (Panas), "ne!" (Pertanyaan yang bisa jadi "bukan?", "Iya kan?", dll), "arigatou" (Terima kasih), dan "mata ne" (Sampai jumpa), dan masih banyak lagi. Pernahkan kalian menemukan kata "daijoubu" sebelumnya?

Jika kalian pernah mendengar kata ini sebelumnya, kalian mungkin bertanya-tanya apa yang sebenarnya ditunjukan oleh kata itu. Kata ini sangat sering digunakan dalam berbagai situasi, dan juga mengandung banyak arti. Ini adalah salah satu kata Jepang yang paling banyak digunakan dan sangat mudah untuk mengetahuinya. Jadi apa artinya, dan bagaimana kalian bisa menggunakannya saat kalian berada di Jepang?

"Daijoubu Desu"


"Daijobu" ditulis dengan kanji Jepang menggunakan karakter "大” (dai) yang berarti "besar", "丈" (jo) yang berarti "tinggi"dan "夫" (bu) yang berarti "suami". Awalnya, ketiga simbol ini bersama-sama (大丈夫 / daijoubu) sebenarnya berarti laki-laki yang mulia, tetapi selama bertahun-tahun, maknanya telah berubah sepenuhnya.

Kita mengatakan "daijoubu" ketika kita memberi tahu orang lain bahwa kita baik-baik saja, dan tidak perlu khawatir karena semuanya baik-baik saja. Sebagai contoh : 

"30 menit telah berlalu. Apakah kamu benar-benar dapat datang tepat waktu?"
  - "Daijoubu desu"
"Aku dengar kamu menderita pilek selama seminggu. Apakah kamu baik-baik saja sekarang?"
  - "Daijoubu desu"
"Aku sangat menyesal soal kemarin." - "Daijoubu desu"

Dalam ketiga kalimat diatas kata "daijoubu desu" dapat diterjemahkan sebagai "Tidak masalah / saya baik-baik saja" atau "Tidak apa-apa".

"Desu" adalah kata tata bahasa yang digunakan sebagai bagian dari kalimat setelah kata sifat atau kata benda; sebenarnya merupakan kata kerja bantu. Ini seperti mengatakan "Ini + kata sifat" dalam bahasa Inggris.

Namun, orang Jepang terlalu sering menggunakannya dan makna sebenarnya dari kata ini menjadi semakin tidak jelas, membuatnya sedikit membingungkan bagi mereka yang mempelajari bahasa Jepang. Jadi, mari kita lihat situasi seperti apa saja yang digunakan oleh orang-orang saat menggunakan kata "daijoubu".


1. Restoran



Ketika seorang pelayan bertanya "Apakah anda ingin tambahan air?", orang-orang akan mengatakan "Daijobu desu" yang berarti "tidak, terima kasih" atau secara harfiah artinya "Saya baik-baik saja". Tetapi jika mereka bertanya, "Bolehkah saya menuangkan air lagi ke gelas Anda?" dan orang-orang mengatakan "Daijobu desu", ini akan menjadi arti yang sangat membingungkan tentang kata daijobu ini. Apakah mereka menolak atau menerima tawaran dari pelayan tersebut? Apakah boleh menuangkan air, atau tidak, atau mereka baik-baik saja? Seringkali kalian perlu mendengar nada atau isyarat mereka untuk memastikan.

Untuk menghindari kebingungan, jika kalian menginginkan air dalam situasi seperti ini, mungkin lebih baik mengatakan "hai, onegaishimasu" (Ya, tolong), atau "iie, kekkou desu" (Tidak, terima kasih).

2. Tempat Perbelanjaan


Seorang pelanggan sedang mencari rok, tetapi dia tampaknya tidak dapat menemukan rok yang diinginkannya. Dia bertanya kepada pegawai nya, "Saya ingin ini dalam warna yang berbeda. Bolehkah saya memilikinya?" Pegawai itu menjawab, "Daijobu desu". Dalam hal ini, maksud dari pegawai itu berarti "tidak apa-apa" dan dia dapat memesannya atau sesuatu yang serupa, dan pelanggan tersebut akan segera mendapatkan apa yang dia inginkan. Ini mungkin terdengar agak terlalu santai, tetapi kaum muda saat ini memang berkomunikasi satu sama lain sedemikian rupa.

3. Meminta Bantuan


Seorang pria jatuh dari sepedanya, dan seorang pejalan kaki bergegas untuk membantunya. Dia bertanya "Daijobu desu ka?" (Menambahkan "ka" mengubah kalimat ini menjadi pertanyaan yang berarti "Apakah kamu baik-baik saja?"), dan jika dia tidak terluka, dia akan menjawab dengan "Daijobu desu" untuk menunjukan bahwa dia baik-baik saja.

Jika seorang wanita tua menjatuhkan belanjaannya dan seseorang membantu mengambilnya, dia mungkin akan berkata "Daijobu desu!" atau yang berarti "Tidak apa-apa" atau "Saya baik-baik saja". Dalam hal ini kata "Daijobu" digunakan lagi untuk menolak sesuatu. Namun, dalam situasi ini, mungkin kalian akan sering mendengar kata "Arigatou gozaimasu!" (Terima kasih banyak) yang berarti dia berterima kasih karena telah dibantu.

Alasan mengapa orang Jepang suka menggunakan kata ini, yang sering disertai dengan tambahan "desu" untuk membuat kalimat yang benar secara tata bahasa, adalah karena kata itu dapat berarti "ya" dan "tidak", dan itu terutama karena budaya mereka memungkinkan melakukan itu. Mereka selalu mencoba membaca situasi, damai, dan menghindari masalah. "Daijobu" adalah cara terbaik untuk menyiapkan jawaban yang aman untuk segala jenis pertanyaan. Namun, penting untuk memperjelas apakah yang kalian maksud itu positif atau negatif dengan tambahan ekspresi wajah dan gerak tubuh.

Orang yang baru mempelajari bahasa Jepang sering kali memiliki cerita tentang juru tulis toko serba ada yang membingungkan dengan kata "daijobu desu" ketika ditanya apakah mereka menginginkan kantong plastik / sendok / sumpit. Karena kata itu bisa berarti "ya" atau "tidak", dan itu bisa menjadi sangat membingungkan. Coba tambahkan "hai" yang berarti (ya) atau "iie" yang berarti (tidak) sebelum menggunakan kata "daijobu desu", untuk memberi petunjuk kepada orang lain tentang apa yang kalian pikirkan.


Sumber : Jpninfo

COMMENTS

Nama

A Certain Magical Index,1,Anime,60,Artist,2,Arts,2,Attack on Titan,2,Boa Hancok,1,Comedy,1,Culinary,7,Culture,10,Dragon,1,Event,1,Fairy Tail,1,Fashion,2,Festival,2,Game,1,Gamers!,1,Games,14,Hancock,1,Japan,36,Kaido,1,Luffy,1,Manga,11,Movie,7,Music,2,Nanatsu no Taizai,1,News,6,One Piece,3,Oregairu,1,OVA,3,Sailor Moon,1,Sanji,1,Sejarah,2,Shakugan no Shana,1,Shank,1,Terkuat,1,Tips,13,Tradisional,5,Travel,13,Trending,1,Weathering With You,1,Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru,1,Zombieland Saga,1,Zoro,1,
ltr
item
Coretan Otaku - Portal Japan Otaku: Kata Jepang Yang Berguna "Daijoubu" Bagaimana Cara dan Kapan Menggunakannya
Kata Jepang Yang Berguna "Daijoubu" Bagaimana Cara dan Kapan Menggunakannya
https://1.bp.blogspot.com/-IVclOKOisgY/XsuSof1Ex5I/AAAAAAAAA2E/XmWo5ULkGiI8RAnp3ckwS0geKaKlj0YYQCLcBGAsYHQ/s640/woman-gesturing-ok.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-IVclOKOisgY/XsuSof1Ex5I/AAAAAAAAA2E/XmWo5ULkGiI8RAnp3ckwS0geKaKlj0YYQCLcBGAsYHQ/s72-c/woman-gesturing-ok.jpg
Coretan Otaku - Portal Japan Otaku
https://www.coretanotaku.com/2020/05/kata-jepang-yang-berguna-daijoubu-bagaimana-cara-dan-kapan-menggunakannya.html
https://www.coretanotaku.com/
https://www.coretanotaku.com/
https://www.coretanotaku.com/2020/05/kata-jepang-yang-berguna-daijoubu-bagaimana-cara-dan-kapan-menggunakannya.html
true
9136926776599888331
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy