Belajar Tentang Gaya Hidup di Jepang Melalui Anime

Belajar Tentang Gaya Hidup di Jepang Melalui Anime Anime , seperti yang kita tahu, memainkan peran penting dalam kehidupan yang ada di ...

Belajar Tentang Gaya Hidup di Jepang Melalui Anime

Anime, seperti yang kita tahu, memainkan peran penting dalam kehidupan yang ada di Jepang. Ketika kalian mendengarkan kata "Anime" pasti yang terbesit dalam pikiran kalian adalah Jepang. Tapi, pertama-tama mari kita mulai dari dasar-dasarnya dahulu, apa itu anime dan apa bedanya dengan kartun biasa?

Apa itu Anime?


Anime adalah singkatan dari kata animasi, ditulis dalam katakana dalam bahasa Jepang karena merupakan kata asing menurut asalnya. Anime adalah bentuk seni yang mengacu pada pada film animasi Jepang, namun tidak semua animasi. Anime itu sendiri mencakup genre yang berbeda-beda seperti halnya film atau buku. Ada genre drama, komedi, slice of life, supernatural, erotis, dan sebagainya. Dalam beberapa kamus bahasa inggris, anime didefinisikan sebagai "film animasi gaya Jepang atau hiburan televisi" dan / atau "gaya animasi yang dibuat Jepang". Bahkan jika kalian tertarik pada anime, kalian dapat dengan mudah melihat bahwa gaya dan karya seni animasi Jepang sangat berbeda dengan animasi dari eropa.

Perbedaan Anime dan Kartun


Jika kalian suka dengan anime, kalian pasti pernah ditanya ribuan kali. Jika tidak mungkin kalian akan bertanya-tanya tentang hal ini. Pada dasarnya, dapat dikatakan tidak ada perbedaan antara keduanya sebagai jenis hiburan. Secara formal, keduanya ini disebut animasi. Baik anime maupun kartun adalan pertunjukan hiburan animasi, baik serial maupun film layar lebar.

Orang-orang juga dapat mengatakan bahwa keduanya adalah hal yang berbeda namun tetap sama. Baik kartun dan anime adalah animasi pendek yang digambar.

Namun, anime dan kartun berbeda dengan karakteristik visualnya (termasuk wajah / ekspresi), konsep kartun biasanya ringan tetapi anime bisa berbeda-beda yang bisa ditonton oleh semua umur maupun 18+), dan subjek / tema kartun berniat membawa humor sementara dalam anime kebanyakan berfokus pada masalah kehidupan atau emosi manusia dan terkadang memiliki konteks kekerasan ataupun seksual.

Seiring waktu, masalah ini berubah dengan meningkatnya kartun dewasa di barat yang menceritakan tentang politik, kontroversi, kekerasan, dan sebagainya. Kita ambil contoh Southpark, Bojack Horseman, atau Rick and Morty. Namun, perbedaan dalam gaya visual masih tetap ada, juga teknik animasi dan juga akting suara nya. Anime cenderung lebih dipoles dan disempurnakan, sedangkan kartun dibuat dengan kasar, dan juga lebih fokus pada dialog ceritanya.
Akhirnya, perbedaan budaya ini terlihat jelas, dari cara karakter nya berbicara, hingga kegiatan-kegiatan apa yang ditampilkan. Contoh yang terkenal adalah bahwa darah biasanya disensor di TV Jepang, namun pada saat disiarkan di TV Amerika adegan-adegan yang mengandung darah malah terlihat berlebihan. Di sisi lain, saat karakter anime merokok itu masih bisa disiarkan di TV Jepang, tapi sebaliknya pada saat disiarkan di Amerika, rokok itu disensor seperti acara-acara yang sama disiarkan pada saat di sana.

Anime Sebagai Cerminan Kehidupan di Jepang


Kita semua tahu bahwa menonton genre anime yang tepat memberi kita gambaran tentang kehidupan sehari-hari masyarakat di sana. Kadang-kadang bahkan anime yang ber-genre supernatural yang menceritakan tentang memerangi iblis memiliki adegan di sekolah atau di rumah yang sangat realistis. Dari bagaimana mereka makan hingga bagaimana mereka memperlakukan orang-orang, kita melihat banyak kehidupan sehari-hari yang ditampilkan dalam anime Jepang. Juga, berbagai kegiatan unik yang berada di Jepang ditampilkan dalam anime. Misalnya, anime Kimi ni todoke dan Toradora menampilkan festival sekolah, acara budaya Jepang yang ikonik. Banyak animasi juga menunjukan festival kembang api musim panas atau festival keagamaan, yang meskipun tidak ditampilkan dalam detail yang besar dan juga benar. Anime yang terjadi di zaman modern juga menunjukan Natal dan Tahun baru di sana, menunjukan kepada kita praktik budaya negara tersebut.

Makanan-makanan Jepang selalu hadir di setiap anime. Selalu ada episode tertentu di mana mereka makan onigiri atau bento. Di anime School Rumble, Curry Rice (Nasi Kare) dan Onigiri adalah makanan umum yang dapat kalian temui pada setiap episode-nya, sementara di anime Naruto selalu menampilkan ramen. Animasi Ghibli juga terkenal karena adegan memasak nya yang panjang dan indah.

Sikap dan kepribadian Jepang yang berlaku juga dapat dilihat melalui anime. Karena itu berasal dari Jepang dan para senimannya adalah orang Jepang itu sendiri, maka kemungkinan besar sikap dan kepribadian para karakter sama bagi mayoritas orang Jepang. Seringkali anime mencoba mengajarkan suatu pelajaran, atau menunjukan sifat-sifat yang dihargai masyarakat seperti persahabatan, saling membantu, pengorbanan diri dan sebagainya. Tentu saja, jumlah pelajaran positif ini tergantung pada genre anime yang kalian tonton, tetapi bahkan dalam genre fantasi pun para pahlawan nya kadang memiliki sifat-sifat yang ada seperti masyarakat di Jepang pada umumnya.

Pada akhirnya, menonton anime juga dapat membantu kalian mempelajari banyak bahasa baru, terutama dalam pengucapan dan menggunakan perbedaan kata-kata dalam hal konteks.

Baca Juga : One Piece Fun Fact : Taukah Kalian 5 Orang ini Memiliki Harga Buronan Yang Luar Biasa!

Sumber : Jpninfo

COMMENTS

Nama

Anime,39,Artist,2,Arts,2,Attack on Titan,2,Boa Hancok,1,Comedy,1,Culinary,6,Culture,10,Dragon,1,Event,1,Fairy Tail,1,Fashion,2,Festival,2,Gamers!,1,Games,12,Hancock,1,Japan,32,Kaido,1,Luffy,1,Manga,10,Movie,4,Music,2,Nanatsu no Taizai,1,News,5,One Piece,3,Oregairu,1,OVA,3,Sailor Moon,1,Sanji,1,Sejarah,2,Shank,1,Terkuat,1,Tips,9,Tradisional,5,Travel,11,Trending,1,Weathering With You,1,Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru,1,Zombieland Saga,1,Zoro,1,
ltr
item
Coretan Otaku - Portal Japan Otaku: Belajar Tentang Gaya Hidup di Jepang Melalui Anime
Belajar Tentang Gaya Hidup di Jepang Melalui Anime
https://1.bp.blogspot.com/-kx_RCfvsSgE/XqhWJ-orKuI/AAAAAAAAA0o/QDL2mh-6bVA199xSxcpQnozK-31C4J2agCLcBGAsYHQ/s640/096df0eb195b8f0d9475924f9a1e9425.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-kx_RCfvsSgE/XqhWJ-orKuI/AAAAAAAAA0o/QDL2mh-6bVA199xSxcpQnozK-31C4J2agCLcBGAsYHQ/s72-c/096df0eb195b8f0d9475924f9a1e9425.jpg
Coretan Otaku - Portal Japan Otaku
https://www.coretanotaku.com/2020/07/belajar-tentang-gaya-hidup-di-jepang-melalui-anime.html
https://www.coretanotaku.com/
https://www.coretanotaku.com/
https://www.coretanotaku.com/2020/07/belajar-tentang-gaya-hidup-di-jepang-melalui-anime.html
true
9136926776599888331
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy